RSS

GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR DAN DAMPAKNYA BAGI KESEHATAN

Aktifitas sehari-hari yang padat, membuat kita terpaksa beranjak dari rumah dan segera bergegas sampai di tempat yang dituju. Dengan alasan agar cepat sampai, tidak banyak membuang waktu dan tenaga, maka kendaraan bermootor adalah solusinya. Kendaraan bermotor merupakan sarana yang tepat untuk memudahkan kita pergi ke tempat tujuan dengan cepat dan efisien. Tanpa disadari, kendaraan bermotor juga memiliki dampak yang begitu luar biasa pada manusia.

Perlu diketahui bahwa dalam gas buang kendaraan bermotor terdapat berbagai komponen yang berbahaya bagi tubuh manusia.  Diantaranya gas CO (karbon monoksida), Timbal (Pb), Gas Karbondioksida (CO2), serta kabut karbon.

1. Gas CO

Jika terhirup kedalam paru-paru maka gas ini akan beredar bersamaan dengan darah dan menghalangi masuknya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini karena gas CO bersifat racun, ikut bereaksi secara metabolis dengan darah (Hb). Ikatan karbon monoksida dengan darah (karboksihaemoglobin) lebih stabil daripada ikatan oksigen dengan darah (oksihaemoglobin), sehingga darah menjadi lebih mudah menangkap gas CO dan fungsi vital darah sebagai pengangkut terganggu.

Apabila peredaran darah terganggu maka efek yang dirasakan oleh tubuh manusia adalah pusing, rasa tidak enak dimata, sakit kepala dan mual (jika konsentrasi gas CO rendah). Ini bisa menjadi sangat berbahaya ketika konsentrasi gas CO tinggi, efeknya yaitu detak jantung meningkat, rasa tertekan di dada, sulit untuk bernafas, kelemahan otot, serangan jantung dan berujung pada kematian.

2. Timbal (Pb)

Taukah kamu, apakah manfaat penambahan timbal pada bahan bakar kendaraan bermotor?

Ya, alasan mengapa ditambahkannya timbal ialah untuk menurunkan nilai oktan yang biasanya ditambahkan kedalam bahan bakar berkualitas rendah sehingga dapat mengurangi ketukan. Ketika timbal terhirup ka dalam tubuh, maka akan beredar mengikuti aliran darah kemudian diserap kembali oleh otak dan ginjal. Untuk selanjutnya disimpan dalam gigi dan tulang. Bahaya yang ditimbulkannya yakni gangguan fase awal pertumbuhan fisik dan mental yang berakibat pada fungsi kecerdasan, penurunan IQ dan pemusatan perhatian, hiperaktif,gangguan fungsi pendengaran dan penglihatan, dan masih banyak lagi efek yang disebabkan termasuk pula pelunakan tulang yang terjadi karena Pb memiliki biloks yang sama dengan Ca sehingga timbal dapat dengan mudah mengambil alih posisi kalsium dalam tubuh. Ca berperan dalam pengerasan tulang, apabila Ca digantikan oleh Pb dengan demikian tidak ada zat yang berperan dalam pengerasan tulang sehingga tulang menjadi lunak.

3. Gas CO2

Emisi kendaraan bermotor menyebabkan konsenttrasi CO2 di atmosfer meningkat drastis hingga malampaui kemampuan tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. Dalam keadaan normal, energi sinar matahari yang masuk ke bumi dipantulkan kembali ke angkasa dalam bentuk radiasi inframerah. Karena konsentrasi CO2 saat ini begitu besar di atmosfer sehingga pantulan inframerah tersebut di radiasikan kembali ke bumi. Efeknya, terjadi peningkatan suhu bumi secara global yang memicu terjadinya efek rumah kaca yang kini menjadi isu utama di dunia yaitu Global Warming.

4. Kabut Karbon

Emisi kendaraan bermotor turut pula menhasilkan kabut karbon. Kabut karbon terbentuk dari hasil pembakaran yang tak sempurna. Kabut karbon juga berperan dalam memunculkan efek negatif pada tubuh manusia, antara lain kanker. Selain itu, kabut karbon bersifat induser (pemicu pertumbuhan sel tumor).

Berikut ini adalah gambaran audiovisual mengenai sistem respirasi manusia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: